Seni

Tari SMA N 4 Batam Raih Harapan 1 Nasional

CYMERA_20140507_214228

Sebagai penari pemula, Sultan dan Naufal patut dipuji. Mereka berdua bisa dikategorikan penari yang sukses, Kenapa? melalui iven yang bertajuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang di adakan baru-baru ini berhasil menorehkan prestasi. Prestasi yang mereka raih memang tidak terlalu fantastis, namun sebagai orang yang baru mengenal dunia gerak, mereka sampai ke Nasional saja sudah lebih dari cukup.

Festival dan lomba seni siswa Nasional (FLS2N) nama diberi. Kegiatan tahunan ala Kemdikbud ini adalah mimpi seluruh pelajar Indonesia. Tiap provinsi menyambut kegiatan ini dengan luar biasa, hal ini terlihat jelas dari pelaksanaan seleksi yang dimulai dari tingkat Kota, Kabupaten dan Provinsi jenjang terakhir menuju Nasional

.

Kegiatan dalam rangka memberikan ruang dan laman kreativitas bagi siswa Indonesia yang di adakan di Semarang ini merupakan hajatan yang ke tujuh kalinya. Dari tujuh kali pelaksanaan ini, Kemdikbud selalu mengadakan di provinsi yang berbeda. Barangkali, salahsatu tujuan penyelenggaraan secara bergilir ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang sama untuk menyelenggarakan helat akbar ini. Walaupun pada kenyataannya, pelaksanaan FLS2N di beberapa provinsi, panitia terasa gagap, minim pengetahuan dan pengalaman untuk mengadakan kegiatan besar ini kental terasa. Namun secara keseluruhan, hakikat kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Sumpah, aku tak nyangka kalau kami berdua bisa melaju ketingkat Nasional kata Naufal satu ketika. Pernyataan ini diamini oleh Sultan yang berdiri di sampingnya. Perjuangan kami menuju panggung Nasional sangat tidak mudah. Banyak pengalaman yang sifatnya kejutan menghiasi batin kami dengan proses panjang ini. Sekali lagi, sebagai penari pemula yang baru menari sekali ini, meraih juara harapan 1 tingkat Nasional merupakan satu prestasi yang cukup membanggakan mereka berdua.

Adapun judul tari yang mereka bawakan adalah “Tari Bangku Panjang” yang menceritakan tentang pendidikan di daerah hinterland. Yang pada kenyataannya, anak usia sekolah justru lebih memilih melaut ketimbang pendidikan. Hal ini dikarenakan keseriusan pemerintah yang terkesan setengah hati memajukan pendidikan di daerah terpencil.

Adapun hasil akhir untuk lomba tari berpasangan yang diikuti oleh 33 karya tari dari seluruh Indonesia itu adalah: Sumatera Utara, Jawa Timur, Riau dan yang ke empat provinsi Kepulauan Riau.

Tahniah ya Naufal dan Sultan, kalian buat kami bangga kok.

 

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: