Seni

Tari “Bangku Panjang” SMA Negeri 4 Batam ke Nasional

Naufal dan Sultan ketika memenangkan lomba tari tingkat provinsi Kepulauan Riau yang di adakan di Tanjung Pinang

Naufal dan Sultan ketika memenangkan lomba tari tingkat provinsi Kepulauan Riau yang di adakan di Tanjung Pinang

SMA Negeri 4 Batam khususnya cabang tari, untuk kali ke tiga kembali terpilih mewakili provinsi Kepulauan Riau ke tingkat Nasional. Hajatan besar yang digagas oleh kemendikbud ini tiap tahun memang di adakan di kota dan provinsi yang berbeda. Untuk tahun 2014 ini, kegiatan yang bertajuk Festival dan Lomba seni Siswa Nasional ini di adakan di Semarang. Tak bisa disangkal lagi pesta seni pelajar Indonesia ini telah menjadi mimpi bagi pelajar di saentero negeri.

Keberangkatan tim tari berpasangan SMA Negeri 4 Batam ini bukan merupakan hadiah, melainkan sebuah usaha keras dan buah kejujuran dalam berkarya. Perjuangan hebat itu dimulai dari keberhasilan tim tari memenangkan lomba mulai dari tingkat kota Batam sampai tingkat provinsi. Masih segar dalam ingatan, ketika itu tahun 2012 tim tari SMA Negeri 4 Batam berhasil membawa pulang medali emas. Adapun karya tari yang berhasil waktu itu berjudul Lingkar Tong Tong yang menceritakan kehidupan masyarakat di Pulau Panjang ketika musim kemarau tiba. Sekalipun kehidupan mereka di kelilingi oleh laut, namun dalam kenyataannya, masyarakat sering kekurangan air bersih.

Berbeda dengan Lingkar Tong-Tong. Karya tari yang berjudul Bangku Panjang ini bercerita tentang kehidupan generasi muda di Pulau-Pulau. Yang mana, kebanyakan generasi muda justru lebih mementingkan melaut dari pada belajar di sekolah. Di sisi lain, pemerintahpun seolah-olah setengah hati untuk mencerdaskan mereka. Setidaknya hal ini tercermin dari fasilitas dan tenaga pengajar yang tidak memadai. Garapan yang ditarikan oleh Naufal dan Sultan ini siap bertarung di kancah Nasional. Akankah keberhasilan itu terulang pada tahun ini?.

Kesempatan itu terbuka sama bagi 33 provinsi di Indonesia. Panggung Nasional ini sengaja diciptakan untuk menerima dan menampung berbagai ide kreatif itu. Panggung besar yang menasional itu bukan hanya mengandalkan kemampuan tehnik gerak dari penari melainkan lebih kepada menjual ide dan gagasan. Panggung FLS2N itu kini jauh lebih hebat dan memukau. Karya-karya yang diusung oleh masing-masing provinsi jauh berkembang dan selalu melahirkan metaphor-metafor baru. Diakui, panggung FLS2N dari tahun ketahun selalu menunjukan perkembangan yang luar biasa, Karya yang muncul mulai cerdas dan berisi. Hal ini didukung oleh kemampuan tehnik dari penari.

Kurang dari sebuan, panggung Nasional itu akan dijejali oleh ide dan gagasan yang beragam dari seluruh provinsiĀ  di Indonesia. Persiapan demi persiapan telah maksimal dilakukan. Demikian pula halnya dengan sekolah, dukungan itu nyata kepada tim tari. Semoga perhatian yang diberikan oleh sekolah akan bisa menjadi energi baru bagi tim tari ini. Untuk Naufal dan Sultan tentu semua kita berharap agar kelak di panggung Nasional kalian bisa membuat provinsi Kepri dan SMA Negeri 4 Batam khususnya bangga. Selamat berjuang, buktikan SMA Negeri 4 Batam itu bisa dan disegani di panggung Nasional.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: