Pendidikan

Ketua Fraksi Parlemen Remaja Indonesia Itu Dari SMA N 4 Batam

Rio ketika mengikuti kegiatan Parlemen Remaja di Gedung DPR

Rio ketika mengikuti kegiatan Parlemen Remaja di Gedung DPR

Ahh… saya kira Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak perlu latah untuk membuat undang-undang menyangkut kumpul kebo. Toh, masing-masing agama, hukum adat (lingkungan tempat tinggal) tidak ada satupun yang membenarkan perbuatan itu. Mestinya anggota dewan yang katanya terhormat itu cerdas memilah dan memilih persoalan sehingga ada perioritas mana yang mendesak dan mana yang bisa ditunda. Sehingga undang-undang disyahkan menjadi sebuah produk yang bisa bermanfaat bagi bangsa dan masyrakat yang majemuk ini.

Ini adalah salah satu poin pemikiran yang mengantarkan Rio ke parlemen remaja tingkat Nasional baru-baru ini. Prestasi luar biasa ini bukanlah hadiah yang didapatkan Rio begitu saja. Melainkan ada usaha maksimal, kejelian dan kepekaan seorang anak muda  terhadap lingkungannya. Rio Rivando namanya. Siswa tampan berkulit bersih ini tercatat sebagai siswa di SMA Negeri 4 Batam. Siswa kelas XI IPA 3 yang tidak banyak bicara itu membuat majelis guru dan rekan-rekannya yang mencapai 1000 orang itu kaget dan bangga.  Apa lacur?, sebelum kegiatan memperingati hari pahlawan yang digagas OSIS itu dimulai. Nama Rio disebut dan didaulat untuk maju ke depan. Sesampainya di depan, kegiatan yang dipandu oleh Wakil Kepala Urusan Kesiswaan menyampaikan bahwa Rio adalah 1 dari 4 siswa yang mewakili provinsi Kepri menjadi parlemen remaja. Rio pantas bangga, karena ia termasuk satu dari total 136 siswa Indonesia yang diundang ke Jakarta.

Tidak hanya itu, yang membuat teman-temannya terkejut, senang dan bangga, diluar dugaan ternyata Rio adalah siswa yang berhasil menjalankan tugasnya sebagai Ketua Fraksi parlemen Remaja. Di gedung wakil rakyat itu, Rio memimpin sidang layaknya ketua DPR memimpin siding. Mendengar ini, siswa yang hadir tanpa dikomando memberikan aplaus panjang, demikian juga guru tampak senyum sumbringah mendengar kepiawaian Rio yang tak terduga sebelumnya itu. Rio… kamu bikin kami bangga, celetuk ibu Anggrek yang juga Pembina OSIS itu tak sabaran untuk menyalami Rio.

Anda mau tau perjalanan panjang Rio Menuju Parlemen?,  silakan simak tulisannya ini.

Parlemen Remaja nama kegiatannya. Perjalanan saya menuju ke Tingkat Nasional tidaklah mudah, hal ini dibuktikan dengan banyak para siswa dari seluruh penjuru Indonesia yang mengirim tulisan ke panitia. Seleksi dari ribuan naskah dari pelajar Indonesia mengerucut menjadi 136 dan siap dikirim ke Jakarta.  Alhamdulillah,  saya termasuk salah satu didalamnya. Saya dan 3 orang lainnya terpilih untuk mewakili Provinsi Kepulauan Riau untuk dikumpulkan bersama anak-anak lainnya dari seluruh nusantara.

Kegiatan Parlemen Remaja dimulai Jumat 25 oktober 2013 pada pukul 13.00, dimana hari itu saya bertemu anak anak yang belum pernah saya kenal, ada yang dari Jawa Barat, Lampung, Aceh, Kalimantan dll. Saya berkenalan dengan beberapa orang, ketika berkenalan, mereka semua menanyakan asal sekolah dan bercerita tentang keunggulan sekolah sekolah mereka masing-masing. Ada yang bangga sekolahnya mengadakan cerdas cermat tingkat nasional, ada yang membanggakan sekolahnya mengadakan acara seni tingkat provinsi, ada yang sekolahnya mengadakan kegiatan olahraga-olahraga setingkat provinsi, dan banyak lagi lainnya. Pokoknya disitu mereka ceritakan semua ketonjolan disekolah mereka. Tapi, disitu saya tidak mau kalah juga, saya ceritakan kalau sekolah saya juga punya banyak kegiatan, salah satunya kegiatan rutin yaitu 2 tahun sekali yang dinamakan Pasar Seni Pelajar (PSP). Saya katakan pada mereka kalau kegiatan ini sudah bertaraf internasional, dan mereka semua kaget dan bertanya tanya kepada saya apa itu PSP, bagaimana cara kerja PSP, sudah berapa kali psp diadakan, saya merasa sedikit bangga karena ketika kegiatan yang mereka jalankan masih bertaraf nasional, dan sekolah saya satu langkah lebih didepan.

Kegiatan Parlemen Remaja berlanjut menuju Wisma DPR RI di Cisarua, Bogor. Kami berangkat pukul 16.00 dan tiba di Bogor kurang lebih pukul 20.30 . kenapa lama???? Dikarenakan macet berkepanjangan dan tidak bergerak sama sekali. Setibanya di Wisma DPR RI, kami dihidangkan makan malam, setelah makan malam yaitu pukul  21.00, kami lanjutkan kegiatan dengan briefing hingga pukul 21.30. Dan setelah itu dilanjutkan dengan pembagian rumah, saya serumah dengan anak dari lampung, jawabarat dan juga kepri. Anak anakanya ramah, sopan-sopan semua, tidak seperti yang saya pikirkan ternyata.. saya kagum melihat kedisiplinan mereka.

Sabtu pukul 05.00 kami sudah bangun lalu beriap siap untuk mengikuti senam pagi dan dilanjutkan kegiatan dinamika kelompok. Sebelum dinamika kelompok kami sarapan bersama terlebih dahulu. Kegiatan dinamika kelompok ini dibagi menjadi beberapa group, dan ada beberapa permainan yang diberikan. Kegiatan ini sangat bermanfaat, membuat kami satu sama lain menjadi lebih dekat, lebih akrab, kami sudah seperti keluarga. Jujur saja, kegiatan ini sangat berkesan untuk saya. Karena dari yang sama sekali tidak mengenal, menjadi mengenal dan lalu akrab. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 .lalu kami pulang kerumah masing-masing dan bersiap siap untuk mengikuti pembukaan acara pada pukul 12.00.

Pembukaan oleh Wakil Sekretaris Jendral DPR RI yaitu Bapak Achmad Djuned, SH., M.Hum. dan sekliguas kami diberikan materi mengenai DPR hingga pukul 14.00 .setelah itu dilanjutkan lagi pemberian materi oleh Bapak Dedy Gumilar atau sering dikenal dengan nama pelawaknya pak mi’ing (komisi X DPR) dari pukul 14.00 hingga pukul 15.30 .setelah pemberian materi dari pak mi’ing, coffee break dan ishoma selama 30 menit. Setelah istirahat 30 menit, lanjut lagi pemberian materi oleh Bapak Arief Wibowo (anggota DPR) dari pukul 16.00 hingga pukul 17.30. Setelah itu ishoma lagi selama kurang lebih sejam, dan lanjut lagi pemberian materi hingga pukul 20.00. dan briefing, kurang lebih tiba dirumah jam 9an malam. Capek memang kegiatan tanpa istirahat, sekaligus bosan banget rasanya serius, ngantuk juga, tapi itu semua udah jadi tanggunng jawab, mau gamau harus tetap diikutin.

Minggu pukul 05.00 pagi kegiatan dimulai.  Nah, kegiatan hari minggu ini bener bener padat, membosankan. Sepanjang hari pemberian materi dan malamnya dilanjutkan latihan rapat untuk rapat sesungguhnya esok hari di gedung DPR. Kegiatan hari minggu ini berakhir pada pukul 22.00 dan kami harus bangun kembali dihari senin pukul 02.00 dini hari, lalu bersiap siap untuk perjalanan ke gedung DPR RI di senayan, Jakarta.

Kira kira pukul 03.00 kami berangkat ke jakarta, kami dikawal layaknya bak anggota dewan beneran, naik bus executive, dikawal oleh polisi depan belakang,  seluruh orang menepi ketika kami lewat, baru pertama kali rasanya jalan dikawal bak seorang anggota dewan, dikawal, emang pengalaman paling mengesankan, banyak pengalaman yang saya dapatkan. Lalu kira kira pukul 06.30 kami tiba di Gedung DPR RI, gedungnya sangat amat mewah! Sangat besar, sangat menakjubkan, kami sempat juga diaajak berkeliling memutari seluruh gedung, kami keruang rapat paripurna, keruang dimana tempat pelantikan presiden, ruang ruang dimana tempat anggota dewan rapat, dan setelah saya duduki memang empuk ternyata kursinya, tidak heran kalau anggota dewan suka tertidur ketika rapat, manusiawi memang, tempatnya dingin, dan juga kursi yang empuk, saya kira siapa pun orangnya yang duduk disitu akan tergoda untuk tidur hehehe. Lalu setelah sarapan setelah berkeliling, dilanjutkan pembukaan simulasi sidang oleh Wakil Ketua DPR RI dan juga Sekretaris Jendral DPR RI. Setelah itu dilanjutkan foto bersama.

Setelah makan siang, kami pun memulai sidang, sidangnya dibagian menjadi 2 kelas, ada yang kelas legislasi dan ada juga yang pengawasan. Kebutulan saya mendapat kelas legislasi, dan saya menjadi ketua fraksi dari partai saya. Bener bener menegangkan sidang DPR rupanya, intrupsi dimana mana, emosi bergejolak, mulainya panas situasi, kami bener bener meraasakan rapat layaknya anggota dewan. Ini merupakan pengalaman yang belum tentu semua anak Indonesia bisa mencobanya, saya merasa sangat beruntung bisa merasakannya.

Setelah sidang sekian lama, kami kelas legislasi tidak kunjung mendapatkan titik temu, sidang di skors selama beberapa saat dan akhirnya dibawa kerapat paripurna. Di rapat paripurna, kami semua dari kelas legislasi dan pengawasan berkumpul dengan partai masing masing. Disana saya sangat deg degan karna saya lagi yang menjadi ketua fraksi, terasa sekali atmosfer persaingannya, saling ber adu argumen, argumen argumen dari fraksi lain sangat mengejutkan, tapi saya sebagai ketua fraksi akan terus tetap mempertahankan argumen fraksi kami . setelah rapat paripurna dan tidak juga kunjung mendapat titik temu, dilakukan lobby, seluruh ketua fraksi dikumpulkan untuk memberi argumennya, disinilah penentuannya, setelah lobby dilaksanakan, tidak kunjung juga didapatkan hasil, dan sampailah tehap terakhir yaitu voting. Dan setelah voting didapatkan, selesailah sidang paripurna, beraakhir juga rapat dewan kami.

Lalu dipenghujung acara, ada pembagian sertifikat, serta sekaliguus pengumuman siapa siapa saja yang menjadi terbaik. Dan alhamdulillah, salah satunya kepri mendapat 3terbaik. Untuk pertama kalinya kepri masuk. Sebenarnya yang terpenting adalah mendapatkan pengalamannya, berkumpul bersama seluruh anak indonesia dan saling sharing.

Selamat ya Rio, anda telah buat kami dan sekolah-mu bangga…

20131028_073719

ruang rapat dewan yang selalu buat anggotanya tertidur itu memang empuk, sejuk dan nyaman sekali kata rio

ruang rapat dewan yang selalu buat anggotanya tertidur itu memang empuk, sejuk dan nyaman sekali kata rio

20131028_073951

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

2 thoughts on “Ketua Fraksi Parlemen Remaja Indonesia Itu Dari SMA N 4 Batam

  1. saya hanya bisa iri😥
    setidaknya hal ini menjadi acuan untuk saya

    Posted by ruridwanda la karist | November 18, 2013, 10:48 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: