Pendidikan

Satu Dari 66 Siswa Se Indonesia itu Dari SMA N 4 Batam

CYMERA_20130807_150231

Dewi Hardyanti namanya. Siswi kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Batam ini baru saja memenangkan lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan kendaraan roda dua terkemuka di Indonesia. Karya tulis dengan judul “ Pilihan Tepat Berkendaraan Sehat” yang di bimbing oleh Ibu Milaini ini telah mengantarkan Dewi (begitu ia disapa) ke tingkat Nasional. Ia (Dewi) dan sekolahnya (SMA Negeri 4 Batam) boleh berbangga, karena ia termasuk salah satu dari 66 siswa yang di undang ke tingkat Nasional.

Kompetisi (karya tulis) ilmiah yang tak banyak diminati oleh siswa siswi ini, di adakan di kota Batam yang diikuti oleh perwakilan pelajar SMA se provinsi Kepulauan Riau. Publikasi kegiatan ini tidak begitu jor-joran, namun di sinilah pekanya seorang Dewi untuk melihat dan menangkap info yang berkembang di sekelilingnya. Patut diacungin jempol, ianya gigih dan tunak serta haus akan prestasi. Seolah-olah Dewi memahami bahwa prestasi itu harus diciptakan bukan ditunggu.

Salah satu rangkaian kegiatan dari panitia tingkat Nasional.

Salah satu rangkaian kegiatan dari panitia tingkat Nasional.

Di sekolah ia termasuk siswa yang bawaannya tenang, tidak banyak bicara, dan disegani oleh teman-temannya. (Dewi) Penulis Cerpen ini, juga pernah mengikuti dan menjuarai olimpiade Geografi tingkat kota Batam. Kegigihan dan kemauan besarnya  untuk berpresasi itu telah pula mengantarkan ia ke Olimpiade tingkat Nasional yang ditaja oleh salah satu perguruan tinggi top Indonesia di Yogyakarta baru-baru ini. Tidak hanya itu, teman-temannya-pun bingung, melalui iven akbar tahunan Kemendikbud yang kompetisinya diadakan mulai dari kecamatan hingga Nasional, Dewi ternyata orang yang piawai mengalihkan penghayatan dan imajinasinya ke media ungkap yang lain. Tangannya yang gratil mengacak-ngacak tut atau keyboard laptop telah mengantarkannya meraih juara II lomba disain poster antar pelajar tingkat kota Batam.

Masa muda adalah masa yang sarat dengan imajinasi. Masa muda adalah masa yang penuh dengan semangat untuk berbuat. Akan tetapi oleh Dewi, semangat saja tidak cukup, melainkan kepekaan rasa, intelektual, keingintauan yang besar dan pengalaman punya andil besar dalam mengejar itu semua.

Ilmu akan selalu berkembang. Untuk itu jangan biarkan diri kita tenggelam dalam kebodohan. Anda kurang yakin?. Seperti yang ditulis oleh Dewi tentang sepeda motor.  Kendaraan ini pada awalnya diberi nama Reitwagen yang ditemukan oleh ahli mesin Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach berkebangsaan Jerman. Pada awalnya mereka merakit dengan menggunakan sepeda yang terbuat dari kayu dan memasang mesin dibagian tengah dan diberikan rantai kebagian roda belakang. Penemuan sepeda motor ini selanjutnya dikembangkan oleh beberapa ahli dari berbagai belahan dunia.

Sebagai buktinya, kita bisa liat sekarang. Dari berbagai jenis merek, model dan mereka saling berpacu untuk menjadi yang terbaik. Pertanyaannya, apakah propaganda mereka yang berhasil, atau tanpa kita sadari ekonomi masyarakat kini mulai baik atau karena tingkat kebutuhan masyarakat akan transportasi yang semakin tinggi. Apapun itu, pada kenyataannya, kendaraan roda dua ini telah menjadi salah satu transportasi yang di idolakan oleh banyak orang. Selain ekonomis, hargapun bisa terjangkau oleh masyarakat. Demikian Dewi dalam tulisannya itu.

Selamat ya Dew, anda bikin kami bangga.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: