Pendidikan

Kandidat Doktor ITB itu, (alumni SMA N 4 Batam) Jerry Namanya….

IMG-20130608-WA0003Orangnya pendiam. Pertanyaan kita yang membutuhkan pemaparan banyak,  terkadang ia selesaikan dengan  anggukan kepala dan seonggok senyum. Ketika di SMA 4 dulu sibadan gempal, dan simata sipit ini sering membuat guru mata peljaran Fisika dan Kimia kewalahan untuk melayaninya. Apa lacur?, hampir tiap hari ada saja yang ia pertanyakan tentang dua disiplin ilmu tersebut. Maka tak ayal, ketika ia masih duduk di kelas sebelas, materi kelas dua belas telah dilumat dia.

Ketunakan dan ketekunan Jerry, telah mengantarkan ia sebagai siswa yang cukup disegani oleh siswa dari sekolah lain ketika itu.  Halaman sekolah penuh debu ketika kemarau tiba, dan menjadi sawah seketika hujan ini memiliki prestasi yang berimbang antara akademik dan non akademik. Jerry merupakan salah satu pengukir sejarah itu, Beberapa kali ia menjuarai olimpiade tingkat kota Batam. Namun,  ia harus meredam keinginan besarnya untuk bisa ke Nasional, apa sebab, kiranya pelajar dari Tanjung Pinang saat itu cukup tangguh untuk ditaklukan oleh Jerry.

Lulus SMA 4, kemudian ia melanjutkan ke Universitas Riau tanpa tes tertulis. Selama kuliah di UR Pekanbaru Jerry menjadi asisten praktikum dasar Teknik Kimia dan Instruksional Teknik Kimia. Tidak sampai disitu, urusan uang kuliah menjadi tanggungan Pemerintah Provinsi Kepri, sedangkan biaya penelitian oleh DP2M DIKTI (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikjen Perguruan Tinggi).

Sampai sekarang badan Jerry masih gempal. Semasa kuliah di UR, sebagai tambahan biaya untuk kuliahnya ia mengajar di beberapa bimbingan belajar. Merasa dikaruniai oleh kepekaan rasa keindahan merangkai kata, akhirnya pemikiran bernas dan cerdasnya sering ia tuangkan melalui artikel. Hasilnya artikel yang berjudul Industri Plastisizer Berbasis Minyak Sawit Dengan Kualitas Bentonit Sebagai Sumber Daya Lokal Provinsi Riau keluar sebagai artikel terbaik 1 tingkat Nasional. Adapun tulisan ini berkisah tentang masyarakat lokal yang tidak memanfaatkan sumber daya yang ada, padahal bentonit belum termanfaatkan sama sekali. Karunia yang ia peroleh, makin membuat dia menggeliat. Jerry, juga menulis dua  penelitian yang didanai Dikti seperti pembuatan plastisizer isobutil stearat dengan katalis zeolit alam dan pembuatan plastisizer isobutil oleat dengan katalis zeolit Alam. Sebagai apresiasi, ia didaulat sebagai pembicara sekaligus. Kini dua tulisannya itu termuat dalam prosiding seminar nasional teknologi oleo dan petrokimia Indonesia 2011.

Anda penasaran dan ingin sukses, berikut strategi Jerry yang ia kirim via email.

Saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya dan juga berbagi informasi untuk saudaraku setanah air dan sebangsa. Pada awal april saya sedang browsing mencari program beasiswa untuk melanjutkan studi. Setelah mengetik berbagai keyword di google yang keluar adalah beasiswa BPP-DN (beasiswa program pasca sarjana dalam negeri ). Dan saya berusaha mencari tahu apa sich beasiswa BPPDN?  Oh.. ternyata itu beasiswa buat dosen, calon dosen dan tenaga kependidikan.

Kebetulan saya itu baru lulus s1 dan belum kerja saya rasa ini kesempatan saya untuk melanjutkan studi dan saya langsung melihat di laman beasiswa.dikti.go.id sesuai petunjuk dari blog yang saya browsing sebelumnya. Di laman dikti banyak sekali informasi beasiswa dan pilihan perguruan tingginya.

Program beasiswa BPP-DN itu sungguh luar biasa, tidak hanya spp saja yang gratis tapi biaya hidup buku , akomodasi tempat tinggal dan akomodasi perjalanan di tanggung oleh DIKTI.. enak bukan… mau tau besaran beasiswa nya? Jika kita lulus seleksi maka kita akan diberikan beasiswa sebesar 3,25 jt per bulan di luar SPP dan akomodasi perjalanan mantapkan???

Dari informasi tersebut saya tertarik karena diberikan biaya hidup dan akomodasi akhirnya saya mencoba mendaftar di laman dikti dan laman sps ITB … setelah saya coba daftar di laman dikti eh… ternyata ada program beasiswa lain lg…yaitu PDSU (program doktor sarjana unggul ).

Program Doktor Sarjana Unggul (PDSU) adalah program doktor empat tahun yang terbuka bagi lulusan program sarjana (S1) dengan potensi akademik yang tinggi. Tingginya potensi akademik ditentukan berdasarkan Ip > 3.25, lama studi, usia kelulusan< 3 tahun dan motivasi penelitian/studi lanjut pada bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang dari program PDSU. Program ini berlangsung tanpa harus melalui tahap S2. Pada dasarnya, peserta melakukan magang riset di kelompok riset dipimpin oleh pembimbing. Secara garis besar, program ini terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap persiapan (1 tahun pertama) dan tahap pelaksanaan penelitian (3 tahun). Pada tahap persiapan, mahasiswa akan mengikuti beberapa kuliah yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan, mempelajari teknik-teknik penelitian (research skills) yang diperlukan. Tahap persiapan ini akan ditutup dengan evaluasi (di akhir tahun pertama) untuk menentukan apakah seorang mahasiswa dapat melanjutkan ke tahap kedua yaitu penelitian untuk mencapai gelar doktor. Jika pada evaluasi ini seorang mahasiswa dinyatakan tidak layak untuk melanjutkan ke tahap kedua, maka mahasiswa tersebut akan, maka mahasiswa tersebut akan diarahkan untuk melengkapi persyaratan yang tersisa untuk penyelesaian Program Magister.

PERSIAPAN

Saya mencoba melakukan persiapan dengan melakukan tes TPA di Bappenas Jakarta sebagai syarat masuk ITB yaitu 475 … awal mei saya mencoba daftar tes TOEFL di ITB dan TPA di Bappenas Jakarta yang di depan Taman suropati.. dan saya ikuti tes TOEFL hari jumat tanggal 3 di ITB… dan tanggal 10 di bappenas. Alhamdulillah TOEFL saya tidak jelek ternyata… walaupun tidak yakin bisa lulus… mau tau nilai TOEFL saya berapa?? Kasih tau gak ya??……ehm…. sebenarnya saya malu mau menyebutkan TOEFL saya disini … tapi gak apa2 lah buat agan2 semua untuk motivasi saja.. hasil test TOEFL saya 525 dari pusat Bahasa ITB… setelah mengetahui nilai TOEFL saya mencoba untuk menghubungi bappenas untuk mengetahui nilai TPA saya  ternyata nilai TPA saya…….. 643,67 ………. ternyata angka yang tidak begitu jelek tapi cukuplah untuk masuk ITB yang hanya mengsyaratkan TPA 475 dan TOEFL 475.. mungkin itu pengalaman tes saya.. saya akan berbagi tips bagaimana bisa mendapatkan nilai tinggi… untuk TPA seringlah latihan , karena soalnya seputaran itu jg.. klu TOEFL pahami bentuk kalimat nya… hehehehe gampang kan…

RENCANA

Untuk ikut program PDSU saya harus menyusun rencana membuat rencana penelitian… pasti agan2 tau semua yang namanya penelitian doktor itu adalah penelitian yang fresh dan belum diteliti oleh orang lain… dan bukan merupakan penelitian lanjutan.

Saya berencana membuat penelitian Zeolit sintesis dari lempung dan silikat mengapa saya tertarik dengan.. karena katalis zeolit merupakan katalis heterogen yang sangat menguntungkan bagi industri lagi pula harga zeolit sintesis sangat mahal dibandingkan dengan zeolit alam.. zeolit alam punya banyak kelemahan yaitu jumlah perbandingan Si/Al nya rendah sehingga kurang efektif dalam mengkatalisis suatu reaksi. Saya berencana mengembangkan katalis zeolit sintesis yang mempunyai perbandingan Si/Al besar tapi mempunyai harga yang murah.. solusi nya adalah tanah liat yang kaya akan Alumina dan fly ash yang kaya akan silikat. Alumina yang ada dilempung atau tanah liat mudah di formasi karena mempunyai ikatan logam yang lemah dan bisa di reformasi menjadi aluminat dengan penambahan bassa atau NaOH  dan ditambahkan dengan fly ash dan akan mudah membentuk zeolit .

Itulah rencana penelitian saya mudah2an diterima

Dua hari yang lalu saya menerima kabar dari Jerry melalui Whatsapp bahwa dia gagal di program PDSU dikarenakan tidak dibukanya jurusan Teknik Kimia. Belum sempat saya membalas kabar darinya, berita kedua muncul bahwa ia telah tercatat sebagai mahasiswa S2 di Fakultas Teknologi Industri program studi  Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan sumber dana BPP-DN calon dosen.

Selamat Jerr dan maaf sebelumnya, karena curhat kamu dimuat di Blog abal-abal ini, saya tau anda tidak begitu gila dengan sanjungan apa lagi di ekspos seperti in. Namun saya punya tujuan tertentu.  Gagalnya anda di PDSU bukan berarti anda gagal menjadi Doktor. Tuhan berkehendak lain, anda harus melalui S2 dulu, baru kemudian anda menjadi kandidat yang sesungguhnya. Semoga capaian anda yang luar biasa ini bisa menjadikan khususnya adik-adikmu SMA N 4 Batam termotivasi dan mempunyai mimpi. Demikian juga dengan alumni SMA N 4 Batam. sukses untuk kalian semuanya.

Salam dari Tiban Kampung…..

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

3 thoughts on “Kandidat Doktor ITB itu, (alumni SMA N 4 Batam) Jerry Namanya….

  1. Moga jadi inspirasi bagi next generation..go a head jer !…

    Posted by Anton Sunyoto | Juni 10, 2013, 10:22 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: