Pendidikan

Alumni SMA 4 Batam dan Bangkok : Mahasiswa Indonesia Disegani (ASEAN) Kok….

Winda ketika menerima penghargaan dari petinggi Universitas Thailand

“Pak, saya sekarang sudah di Indonesia”, begitu twit mantan siswiku itu 20 hari yang lalu. “Alhamdulillah, puji syukur hanya kepadaNya, kamu sampai dengan selamat”, jawabku. Belum sempat mantan siswiku itu membalas kicauanku, aku mengirim twit yang kedua, “Bapak yakin perjalanan kamu ke Thailand sarat makna, untuk itu oleh-oleh untuk Bapak cukup cerita,  pengalaman serta dokumentasi dalam bentuk foto untuk dimuat pada blog  Bapak” , begitu aku menutup twit aku padanya. “Siap pak, secepatnya saya kirim”, kata mantan siswiku itu membalas twit aku.

Jujur saja, aku sempat mengubur keingintauanku tentang cerita dari mantan siswiku itu, apa lacur?, empat hari berjalan, oleh-oleh yang kuminta itu tak kunjung jua ia kirim. Persis di hari kelima, kicauan pendekku ternyata mengusiknya. Alasan keterlambatan mantan siswiku itu ternyata disibukan untuk mengejar ketertinggalan selama ia meninggalkan kampusnya menuju Thailand.  Sama-sama kita maklumi, meninggalkan bangku kuliah selama tiga minggu bukanlah waktu yang pendek.

Winda begitu ia disapa. Bernama lengkap Vini Dwiki Windari alumni SMA Negeri 4 Batam tahun 2011. Saat ini ia adalah mahasiswi jurusan Hukum di salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Yogyakarta. Keberangkatannya ke Bangkok bukan merupakan hadiah yang ia dapatkan begitu saja. Melainkan melalui perjuangan dan doa tanpa kenal lelah. Usahanya tidak sia-sia, hal ini dibuktikan, dari 100 orang mahasiswa yang mengikuti tes ini, Winda berada di posisi ke 6 dari 10 orang yang diberangkatkan.

Sesampainya di Bangkok, semua peserta yang terdiri dari beberapa negara itu berkumpul di Dormitory (asrama) University Suranaree Of Tehnology Thailand. Di luar dugaan, kegiatan ini benar-benar wooww. Tidak sampai disitu, ternyata kegiatan ini juga diikuti oleh additional country yakni Korea, China dan India. Melihat besarnya kegiatan ini, Winda mulai merasa tidak nyaman, dan kegalauannya diperparah ketika panitia menyampaikan semua peserta dari negara yang ikut  di pisah. Hal ini bertujuan agar sesama peserta bisa saling kenal.

Tak bisa dielakan lagi, tantangan itu nyata, dan semakin dekat. Dalam pembagian kamar, Winda satu kamar dengan mahasiswi dari Thailand dan Korea. Di awal pemberitahuan ini badan Winda terasa panas dingin, kenapa?, karena dalam benak Winda, kedua teman barunya itu pasti pintar, cerdas  dan tidak disangsikan lagi kalau lidah mereka sangat pasih mengucapkan bahasa Inggris. Pikiran sesat ini selalu menghantui Winda dalam perjalanan menuju kamarnya.

Sesampainya di kamar, 3 anak manusia yang berbeda satu sama lainnya ini terdiam beberapa saat. Kamar dan 3 penghuni baru itu satu menit lebih senyap dan sepi, tidak satupun diantara mereka bertiga yang berinisiatif memecah kesunyian itu. Ketiga anak manusia yang belum saling kenal tersebut sibuk dengan urusan masing-masing. Winda, merasa tidak nyaman, lalu dia berinisiatif dengan mendatangi teman barunya itu.

Alangkah kagetnya Winda ketika berkenalan dengan teman barunya itu. Luar biasa,  ternyata ketakutan berlebihan yang menghantui dirinya itu tidak menjadi kenyataan. Apa lacur?, dua teman barunya itu tidak begitu pasih berbahasa Inggris. Akhirnya, mereka bertiga justru lebih banyak menggunakan bahasa isyarat ketimbang bahasa Inggris.

Lengkapnya cerita mantan siswiku itu yang ia kirim via email sebagai berikut:

Mahasiswa Indonesia selalu diberi kepercayaan untuk menjadi leader di grup masing-masing.  Keesokan harinya kami berkumpul untuk mengikuti kegiatan yg sudah di sediakan oleh panitia banyak kegiatan yg disediakan dan alhamdulillah INDONESIA slalu dipercaya untuk menjadi leader di group masing-masing dimata negara lain INDONESIA itu negara yg maju semua mahasiswa yg mereka kenal itu pintar dan cerdas. Dan saya salah satu ketua klompok di group yg memimpin persentasi di semua negara alhamdulillah prsentasinya berjalan dengan lancar mreka senang melihat saya prsentasi karena cara prsentasi saya berbeda dengan mreka. Saya juga tidak percaya saya bisa memimpim negara Korea, China dan Thailand suatu achivment yg luar biasa buat saya. Selama kegiatan berlangsung INDONESIA selalu di nomor satukan di depan negara lain, kita dapat penghormatan yang besar dari mereka. Berbanggalah penerus bangsa INDONESIA.

Selama berlangsungnya acara, kami pun sharing culture di negara masing-masing, saya mendapatkan banyak ilmu disini saya berfikir walupun dulu saya bersekolah dan skarang kuliah yg posisinya masih di pedalaman saya harus mempunyai pikiran yg GLOBAL yaitu “ MUDA MENDUNIA” saya juga mndapatkan penghargaan “ACTIVE WOMAN” dari rektor universitas tersebut alhamdulillah banyak pengalaman yg saya dapat dari sini semoga brmanfaat buat semua penerus dan yang membaca blog ini. Cuma itu saja yg saya bisa ceritakan mohon maaf kalau ada salah kata. Wasallamualaikum wr.wb

Tahniah ya Winda, maju terus, semoga kamu berhasil, sehat dan selalu dalam lindungannya.

Khob Khun Kha Winda, Anda Buat Saya Bangga…

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: