Seni

Bukan Pelajar Indonesia Saja, Mancanegara juga ikuti PSP 5 SMAN 4 Batam

Setelah 2 pelajar Aceh dengan karya puisinya, lalu di susul surat terbuka kepada presiden oleh pelajar Gorontalo. Empat hari berselang, sebuah foto sarat akan makna datang dari pelajar SMA Negeri 20 Bandung. Belum sempat menutup email panitia, sebuah pesan masuk lagi, kali ini pelajar SMK Negeri 4 Padang dengan karya fotonya. Ke esokan harinya, datang 2 karya puisi berbahasa inggris dari pelajar Singapura.

Minggu terkahir di bulan Oktober ini beberapa karya baik puisi, surat, fotografi dan lipsing telah menjadi bukti bahwa para pelajar itu telah menggunakan media ungkap yang beragam untuk mengekpresikan dirinya melalui karya seni. Adalah salah satu tujuan dari penyelenggaraan kegiatan Pasar Seni Pelajar 5 yakni memberikan ruang, wadah kepada para pelajar untuk menyalurkan bakat, dan minat. Sekali lagi, ruang kreatifitas tersebut menjadi penting untuk diberikan kepada mereka.

Di penghujung bulan ini, 30 Oktober 2012,  17 karya foto, 20 puisi, 2 karya lipsing dan 14 surat terbuka kepada presiden telah masuk ke email panitia. Karya ini datang dari berbagai daerah seperti Aceh, Gorontalo,  Padang, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Jakarta, Makasar Jawa Timur, Singapura dan Malaysia.

Adapun materi lomba dan festival Pasar Seni Pelajar 5 ini adalah: 1. Lomba cipta puisi, 2. Lomba menulis surat terbuka kepada presiden Republik Indonesia, 3. Fotografi, 4. Lipsing, 5. Festival Band, 6. Beatbox, 7. Fashion Show, 8. Modern dance dan ke 9. Solo Vokal dan bila ingin lebih lengkapnya klik disini

Diluar dugaan panitia, asumsi awal materi lomba solo vokal yang tadinya diprediksi akan diikuti oleh pelajar di provinsi Kepulauan Riau saja, ternyata mendapat respon dari para pelajar Singapura dan Johor Malaysia. Ketertarikan tersebut bisa dilihat, mereka beberapa kali menanyakan segala persyaratan untuk cabang lomba tersebut. Solo Vokal merupakan materi terbaru dari pelaksanaan Pasar Seni Pelajar 5 ini, empat kali penyelenggaraan terdahulu Pasar Seni Pelajar belum pernah menghadirkan materi ini. Bahkan beberapa orang pelajar Singapura menyatakan akan datang pada malam puncak Pasar Seni pelajar 5 yang akan di adakan pada tanggal 26 Januari 2013 bertempat di Gedung Sumatera Expo.

Puji syukur hanya kepadanya, setidaknya ini bisa menjadi sebuah kesimpulan, bahwa, kehadiran karya-karya di atas membuktikan bahwasanya kegiatan Pasar Seni pelajar 5 SMA N 4 Batam mempunyai daya tarik tersendiri tidak hanya bagi para pelajar Indonesia, melainkan juga pelajar mancanegara. Publikasi kegiatan baru sebatas dengan blog. Baru di awal November ini poster akan dikirim ke sekolah-sekolah se provinsi Kepri dan sekolah-sekolah pilihan di beberapa daerah di Indonesia. Di akui, selama ini publikasi kegiatan justru lebih di fokuskan ke luar daerah. Semoga saja dengan kehadiran poster di sekolah-sekolah, akan membuat kegiatan PASAR SENI PELAJAR 5 semakin di kenal dan banyak mendapat tempat di kalangan pelajar.

Melalui pesan singkat, email dan komentar di blog karya-karya pelajar Indonesia dan mancanegara itu akan datang di akhir November dan akhir Desember. Sekarang para pelajar pada umumnya tengah mengikuti ujian tengah semester. Sukses untuk anda semua.

Sembari menunggu karya-karya pelajar, sekarang panitia tengah sibuk-sibuknya mempersiapkan publikasi untuk wilayah provinsi Kepulauan Riau dengan mengirim poster dan brosur. Semoga saja Pasar Seni Pelajar 5 yang merupakan sebuah ajang kreativitas untuk memberi laluan kepada para pelajar dalam berolah seni akan benar-benar hadir dengan baik. Lebih jauh iven ini menjadi sebuah wadah, momentum ataupun ruang kreativitas bagi hadirnya proses kreatif di kalangan pelajar. Mohon doanya semua, semoga helat besar ini sampai jua ke endingnya kelak.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

4 thoughts on “Bukan Pelajar Indonesia Saja, Mancanegara juga ikuti PSP 5 SMAN 4 Batam

  1. merinding bacanya.. sukses ah..

    Posted by Reno Adiputra | Oktober 30, 2012, 2:38 am
  2. Asskm? pak paisal…..saya pribadi sangat terkesan dengan apa yang bapak lakukan, sampai sekarang saya berharap siswa siswi SMAN 1 Bunguran Barat Kabupaten Natuna mampu mengikuti ajang ini, guna meningkatkan kemampuan mereka dalam karya seni agar supaya mereka mampu bersaing nantinya dengan siswa-siwa diluar sana. Mungkin semua orang akan menghayal untuk mampu berkarya serta berperan dalam kegiatan seperti ini, mungkin diluar sana ada juga orang berpendapat pro dan kontra namun itu tidak perlu kita perdulikan, berbuat lebih mulia dari pada melihat dan berkata. sekali lagi saya pribadi sangat mengacungkan jempol kepada Bapak dan semoga program yang bapak buat ini menjadi terdepan dan mampu menaikan harkat dan martabat pendidikan di Indonesia umumnya dan KEPRI khususnya, sukses selalu PAK, ……….salam kompak

    Posted by KASYIFAL GHAMMI THIAB, S.Kom | November 2, 2012, 2:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: