Seni

Karya Puisi & Surat Terbuka pada Presiden Menandai PSP 5 di Buka

Kamis, 11 Oktober 2012 pukul 20.17 Waktu Indonesia Barat, 2 karya puisi dari pelajar Nangroe Aceh Darussalam menandai pendaftaran Pasar Seni Pelajar 5 SMA Negeri 4 Batam dinyatakan dibuka. Hanya satu jam berselang, 1 (satu) surat terbuka pada presiden menembus email panitia. kali ini datang dari pelajar Gorontalo. Mudah-mudahan kegiatan 2 tahunan OSIS SMA Negeri 4 Batam ini mendapat tempat di hati para pelajar Indonesia khususnya.

Pasar Seni Pelajar 5 SMA Negeri 4 Batam kali ini mengusung tema THE NEXT TRACES. Generasi berikutnya kita harapkan bisa menghargai sebuah perbedaan. Untuk itu, setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat (generasi muda) untuk bisa menghargai kemajemukan dan membekali mereka dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia. Bahkan yang lebih mendesak  adalah, mestinya setiap generasi muda mencintai produk budaya yang dimiliki oleh bangsa-nya sendiri. Mereka harus bangga, mereka harus besar dengan identitas kebangsaan-nya.

Pasar Seni Pelajar 5 SMA Negeri 4 Batam merupakan sebuah ajang kreativitas untuk memberi laluan kepada para pelajar dalam berolah seni. Lebih jauh iven ini menjadi sebuah wadah, momentum ataupun ruang kreativitas bagi hadirnya proses kreatif di kalangan pelajar.

Adapun jenis lomba dan festival pada Pasar Seni Pelajar 5 adalah sebagai berikut:

  1.  Lomba Cipta Puisi terbuka bagi para pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia. (Bahkan kegiatan ini juga terbuka bagi pelajar di Mancanegara).
  2.  Lomba Menulis Surat terbuka Kepada Presiden Republik Indonesia. Lomba ini terbuka bagi pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.
  3.  Lomba Fotografi terbuka bagi para pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA dan Mahasiswa (S1) di seluruh Indonesia. (kegiatan ini juga terbuka bagi pelajar di Mancanegara).
  4.  Lomba Lipsing  terbuka bagi para pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA dan Mahasiswa (S1) di seluruh Indonesia. (kegiatan ini juga terbuka bagi pelajar di Mancanegara).
  5.  Lomba Fashion Show terbuka bagi pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di provinsi Kepulauan Riau dan Riau
  6.  Lomba Modern Dance terbuka bagi pelajar dan mahasiswa di provinsi Kepulauan Riau dan Riau
  7.  Lomba Solo Vokal terbuka bagi pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di provinsi Kepulauan Riau dan Riau
  8.  Beatbox terbuka bagi pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di provinsi Kepulauan Riau dan Riau
  9.  Festival Band bagi pelajar SMP/MTsN, SMA/SMK/MA di provinsi Kepulauan Riau dan Riau

Lengkapnya syarat-syarat lomba bisa dilihat di Materi Lomba dan Festival Pasar Seni pelajar 5 SMA Negeri 4 Batam. Selamat berkarya dan selamat berimajinasi wahai generasi pelurus bangsa. Panitia Pasar Seni Pelajar 5 SMA Negeri 4 Batam menunggu hasil renungan kalian. Melalui karya kita buktikan kepada bangsa besar kita ini, bahwa, pelajar Indonesia itu mencintai budaya, saling menghargai satu sama lain, bisa hidup berdampingan dengan semua golongan. Ini hakikat dari sebuah demokrasi. Wassalam dan salam sejahtera untuk kita semuanya.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Komentar ditutup.

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: