Seni

Konsep Tari Untuk Pertunjukan Besar Husnizar Hood

api_dalam_sekam_051_0
Waktu saya masih aktif di dunia tari, dalam sebuah diskusi usai pertunjukan  di Taman Ismail Marzuki Jakarta sampai sekarang saya masih ingat apa-apa saja yang dibicarakan. kenapa diskusi panjang itu masih jua saya ingat, karna selain yang jadi pembicara waktu itu tidak hanya orang yang katam dengan tari, akan tetapi ia juga orang yang mengerti siapa saja yg menghadiri forum tersebut, sehingga kalimat dan bahasa yg digunakan sangat sederhana dan sampai pada pendengarnya.
Inti diskusi malam itu begini bang. Sebuah karya yang baik adalah pekarya tau apa yang akan dibuatnya, ide, gagasan dan konsep merupakan pijakan awal dia untuk memulai sebuah proses kreatif. kemudian pekarya tersebut memilih pendukung yang bener bener mau mendukung dengan sebuah komitmen. karna kata orang hebat itu karya yang baik adalah karya yang memang memikirkan elemen pendukungnya. contohnya, katanya orang yg dilibatkan untuk musik harus bener bener orang yang paham dengan musik itu sendiri, kemudian penari yang handal dan cerdas memaknai apa yang diminta oleh pekaryanya. penata make up yang paham, sehingga make up itu sesuai dengan tema dan konsep garapan. karna make up tidak boleh merubah wajah penari berlebihan sampai-sampai penari tidak lagi mengenal dirinya. Busana juga demikian, etika dan estetika menjadi sebuah keharusan karna garapan tari ini ditonton oleh semua lapisan masyarakat. Terus, publikasi juga mendapat tempat yg strategis dan perlu juga dipikirkan dengan cerdas. publikasi yang berlebihan alias lebai (alai) membuat masyarakat penonton menjadi curiga dan banyak memikirkan yang macam macam. untuk itu publikasi penting tapi harus cerdas menyikapinya.
Sebuah karya akan tersaji dengan baik ketika sebuah karya itu hadir benar-benar lahir dari lubuk hati yang paling dalam. artinya karya itu lahir bukan karena sebuah emosi dan ketidakpuasan akan tetapi karya itu lahir dari sebuah perenungan yang panjang. Kalau karya lahir dari sebuah renungan yang panjang insya Allah karya itu akan diiterima oleh masyarakat penonton. ENDINGNYA, karya akan dibincang oleh banyak orang.
KRITIKUS TARI itu dipenghujung diskusi mengatakan, sebagai pekarya KITA harus hati hati mencari pendukung. pendukung yang benar adalah pendukung yang tidak hanya melihat ketebalan DOMPET kita, melainkan pendukung itu harus yang mau bekerja, bertanggung jawab, mengerti posisi, CERDAS dan bisa bekerja sama.
Karya yang abang persiapkan sekarang, tidak memerlukan campur tangan saya untuk memoles, Untuk itu saya hanya bisa mendoakan semoga abang selalu sehat, diberikan kemudahan, ketenangan, dan selalu diberikan petunjuk sehingga apa yang abang lakukan dan perbuat mendapat tempat di hati masyarakat.
Sekali lagi bang, SELAMAT BEKERJA, semoga abang mendapat tempat dihati masyarakat KOTA TANJUNG PINANG. Lebih jauh semoga di tangan abang kota Tanjung Pinang itu jauh lebih baik mulai dari ekonomi, budaya, pendidikan sampai masyarakatnya mencintai dan memaknai indahnya sebuah PERBEDAAN.
Maaf bang, semoga tulisan tak bermutu saya ini bisa menjadi do’a untuk sebuah cita-cita yang dituju. Tidak ada tendensi apa-apa dengan tulisan ini, ia lahir dari semakin panasnya panggung pertunjukan yang abang ikuti. Setidaknya itu yang ku baca di berbagai media terbitan provinsi termuda ini. Salam sukses…. ,COBLOS KUMIS NOMOR 4, wassalam.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: