Curiculum Vitae

curiculum vitae

PAIZAL AMRI

Kegiatan Pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Nusa Tenggara BaratLahir di Sitiung Kabupaten Sawahlunto Sijunjung (kini Dharmasraya) Provinsi Sumatera Barat, 10 Desember 1971. Belajar tari dengan Syawaluddin atas jasa guru Bahasa Indonesia  RAFENDI SANJAYA dan guru kesenian Ibu DESWITA, di SMP Abai Siat. Menari serius sejak memasuki Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) padang (jurusan tari). Melanjutkan ke Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padang Panjang (jurusan Seni tari)  tamat tahun 1994. Oleh karena satu dan lain hal, untuk program kesarjanaan ditamatkan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) padang (transfer) program Pendidikan Sendratasik FPBS, selesai 1998. Beberapa kali mengukir prestasi sewaktu kuliah di IKIP Padang, akhirnya Rektor yang waktu itu dijabat oleh Moh. Ansyar, P.hd membebaskan segala pembayaran uang kuliah sampai ia menamatkan studinya.

Sebagai penari telah membawanya untuk berbaguai iven / festival tari di Indonesia. Di samping sebagai penari dan koreografer juga sering menulis artikel tentang pendidikan dan budaya. Mengikuti seminar baik nasional maupun internasional, serta workshop tari dari pakar tari diantaranya Yin Mei dari Amerika serikat, Nucleodanza dari Argentina, Sardono W Kusumo dari Institut Kesenian Jakarta di ASKI padangpanjang.

Tahun 1994 hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan Gumarang Sakti Dance Company pimpinan Gusmiati Suid tak lebih dari setengah tahun. Tidak hanya itu, Tom Ibnur, Hajizar, Dedy Luthan, Boy G Sakti, Indra Utama dan Eri Mefri punya andil besar dalam membentuk wawasan kesenimannya.

Merasa dikarunia oleh kepekaan rasa keindahan, serta dorongan yang kuat untuk mengekspresikan dan didukung oleh ilmu yang diperdapat, telah menimbulkan keberaniannya untuk mengalihkan penghayatan inside-nya ke media ungkap (gerak). Akhirnya keinginan untuk bergabung lebih lama dengan seniman Internasional di Jakarta dikalahkan oleh obsesinya untuk menjadi seorang fublik figur (koreografer) dalam percaturan tari di Indonesia. Obsesi itu akhirnya diraih. Dengan semangat juang yang tidak berkesudahan, 7 orang penari, 4 pemusik dan 1 orang bagian lighting telah mengantarkan obsesinya menjadi sebuah group yang cukup diperhitungkan dalam dunia tari Indonesia ketika itu.

Sebagai koreografer berbakat, berikut deretan peristiwa kesenian yang telah dilalui seperti:

  1. Tari Kulikaik (1991) mengikuti festival penata tari muda di Bukittinggi.
  2. Tari Aku (1993) festival penata tari muda di Taman Budaya Sumatera Barat.
  3. Tari Interaksi, Aku II dan Resah (1993) pagelaran tunggal pertama di Auditorium Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang.
  4. Tari Mandeh, Orang tercinta dan resah II (1994) kembali mengadakan pagelaran tunggal ke dua di Auditorium Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) padang panjang.
  5. Tari Orang tercinta II (1995) di undang untuk mengikuti iven Contemporary dance festival (CDF) di padang yang diikuti oleh 6 negara.
  6. Tari Stress dan Satu Titik (1996) pagelaran di dang Merdu pekanbaru.
  7. Tari Stop (1996) di undang pada iven Indonesia dance festival (IDF) ditaman Ismail Marzuki Jakarta yang di ikuti oleh beberapa negara.
  8.   Tari Sintak (1996) di undang pada acara tari menyongsong abad ke 21 di Taman Budaya Padang Sumatera Barat.
  9.  Tari Warisan (1997) festival tari kreasi baru di ASKI padangpanjang.
  10. Tari Indang badindang dan Hep-ta-Hu (1997) di undang untuk pembukaan pada kegiatan The Jakarta Perfoming Arts Theatre International Festival di Gedung Kesenian Jakarta.
  11. Tari Kontradiksi (1997) mengikuti gelanggang tari sesumatera di Taman Budaya Padang.
  12.   Tari Indang (1998) festival tari kreasi baru tingkat wilayah A (sumatera dan DKI jakarta) di taman Budaya Sumatera Barat.
  13.  Tari Tanduak (1998) pagelaran lima koreografer muda Indonesia di STSI bandung.
  14.  Tari Galang (2001) di undang di kegiatan Palu Indonesia dance Forum di Palu.
  15.  Tari Rentak zapin (2001) pada acara festival Zapin Internasional di Bintan Tanjung Pinang.
  16. Tari Kalam (2002) di undang pada kegiatan festival cak Durasim di taman Budaya Surabaya.
  17. Tahun 2002 Bergabung dengan kelompok Sanggam Tanjung pinang ke Cingay di Singapura.
  18. Tari Iyong (2002) mengikuti Pasar tari Kontemporer di Pekanbaru Riau.
  19. Tari Nyanyian pasir (2003) di undang oleh Dewan kesenian jakarta apad acara Forum Koreografi Indonesia di taman ismail marzuki Jakarta.
  20. (2011) Tari Anak laut mengikuti festival tari berpasangan di acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Makassar.
  21. (2012) Tari Lingkar Tong-Tong mengikuti Festival tari tingkat Nasional pada acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Nusa Tenggara Barat

Berikut adalah prestasi sebagai koreografer :

  1. Tari Resah (1996) pada iven festival tari garapan baru yang di adakan oleh STSI surakarta, berhasil  meraih 3 penghargaan sebagai berikut:  Sebagai koreografer terbaik, Penyaji karya terbaik dan tari terpavorit.
  2. Tari Indang Badindang, Hep-Ta-Hu (1997) mengikuti lomba Koreografi Gedung Kesenian Jakarta Award. Memperoleh dua penghargaan diantaranya adalah: Tari Indang Badindang koreografi entertainment) juara I tingkat Nasional, sedangkan tari Hep-Ta-Hu (kategori tradisi) sebagai juara II tingkat nasional.
  3. Tapuak Balega (1997) pekan seni mahasiswa tingkat nasional meraih juara II di STSI Bandung
  4. Tari  Iyang laot (2000) mengikuti lomba koreografi tingkat nasional di gedung Kesenian Jakarta meraih juara III.
  5. Tari Suku Laut (2001) mengikuti lomba koreogarfi Pingat kejohanan tari di pekanbaru, keluar sebagai juara umum dan sebagai penata tari terbaik.
  6. (2008) Juara 2 parade tari daerah di kota Batam
  7. (2010) Juara 2 lomba tari kreasi di festival dan lomba seni siswa nasional (se provinsi Kepri).
  8. (2011) tari Suku Laut Juara 1 di festival dan lomba seni siswa nasional (se provinsi Kepri)
  9. (2012) tari Lingkar tong-tong juara 1 di festival dan lomba seni siswa nasional (se provinsi Kepri)
  10. Tari Lingkar Tong-Tong (2012) meraih medali emas pada lomba tari berpasangan tingkat Nasional di Mataram pada acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
  11. (2014) Juara 1 lomba tari kreasi baru berpasangan tingkat Provinsi Kepri dalam rangka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional
  12. Tari Bangku Panjang (2014) meraih harapan 1 pada lomba tari di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Semarang

Pengalaman Juri dan pengamat pada ivent Tari adalah sebagai berikut:

1. Juri Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Kepulauan Riau

2. Juri Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Batam

3. Juri Festival tari Kontemporer se Kota Batam

4. Juri Parade Tari Daerah Tingkat Kabupaten di Bintan

5. Sebagai mentor untuk men training centre kontingen tari provinsi kepri ke tingkat nasional

6. Juri Festival Tari Tingkat Internasional di Malaysia yang diikuti oleh Hongkong, Thailand, Brunei, Indonesia dan Malaysia tahun 2013.

7. Juri Tari pada Festival Panggung Pemuda kota Batam tahun 2013.

8. Juri dan pengamat tari pada Pingat Kejohanan Tari Dewan Kesenian Riau tahun 2013 di Pekanbaru

9. Juri dan pengamat pada Festival Tari Kabupaten Bintan (2014)

10. Juri ataupun pengamat beberapa kegiatan seni lainnya.

Dari tahun 2002 sampai sekarang di sampaing sebagai guru Kesenian juga dipercaya untuk menjadi wakil kepala sekolah urusan kesiswaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 4 Batam.  Sedangkan organisasi diluar pendidikan, dipercaya sebagai Ketua Komite Tari Dewan kesenian Provinsi Kepulauan Riau berakhir tahun 2002. Enam bulan belakangan ini kembali bertungkus lumus dengan dunia yang pernah membesarkan namanya.

Pencetus kegiatan Pasar Seni Pelajar se Provinsi tahun 2006,  Pasar Seni pelajar 2 se sumatera 2007. Pasar seni pelajar 3 yang di ikuti oleh pelajar secara Nasional. Tahun 2011 Pasar Seni pelajar 4. PSP 4 ini tidak hanya diikuti oleh pelajar di Indonesia melainkan mendapat tempat di kalangan pelajar Singapura, Malaysia, philipina dan Arab Saudi. Awal tahun 2013, Pasar Seni Pelajar 5. Awal tahun 2015 penyelenggaraan Pasar Seni Pelajar 6. Dari 6 kali penyelenggaraan PSP telah menerbitkan  2 buah buku yakni: 1. (Birama Padang Ilalang) yang merupakan Buku Kumpulan Puisi, Cerpen dan Pantun terbaik Pasar Seni pelajar Se-Provinsi Kepri. 2. (Bunga Sirih Untuk Guru) yang merupakan kumpulan Puisi, Cerpen dan Artikel terbaik Pasar seni pelajar 2 se-sumatera

.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: