Seni

Pasar Seni Pelajar 5 SMA N 4 Batam Awal tahun 2013

Pasar Seni Pelajar 5 SMAN 4 Batam

KURANG dari 6 bulan lagi, SMA Negeri 4 Batam yang terletak di Tiban Lama Kecamatan Sekupang-Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau kembali dengan hajatan tahunannya. Di umurnya yang masih tergolong muda ini, SMA Negeri 4 Batam telah melahirkan kegiatan spektakuler.  Adapun kegiatan tersebut di beri titel Pasar Seni Pelajar.

Kegiatan Pasar Seni Pelajar (PSP) pertama di adakan pada tahun 2006. PSP se provinsi Kepulauan Riau ini di awal kelahirannya banyak mendapat kecaman dan sangsi banyak orang. Kenapa?, karena di awal gebrakannya SMA Negeri 4 Batam langsung mengusung kegiatan berskala Provinsi. Berkat kerjasama panitia dengan berbagai pihak, alhamdulillah akhirnya ending kegiatan ini bisa mementahkan anggapan, sinis banyak orang. PSP yang pertama ini telah membuka tabir bagi sekolah lain untuk melahirkan kegiatan serupa. SMA Negeri 4 Batam dalam hal ini memang bukanlah yang pertama mengadakan pensi se kota Batam. Akan tetapi perlu dicatat, mengadakan pensi (antar pelajar) tingkat provinsi (di Kepulauan Riau) adalah gagasan yang lahir dari rahim SMA N 4 Batam. PSP se Provinsi Kepri ini menerbitkan sebuah buku dengan tajuk “Birama Padang Ilalang” (kumpulan Cerpen, Puisi dan pantun terbaik Pasar Seni Pelajar se-provinsi Kepri).

Pada tahun 2007 lahir kegiatan PSP 2 se Sumatera. Diluar dugaan, ternyata PSP 2 ini tidak hanya diikuti oleh pelajar yang ada di sumatera melainkan juga mendapat tempat di kalangan pelajar dari DKI Jakarta, Jateng, Jabar dan Kalimantan. Bukti otentiknya ada di kehadiran buku yang kedua yang berjudul “ Bunga Sirih Untuk Guru” (kumpulan Cerpen, Puisi dan Artikel terbaik Pasar Seni Pelajar 2 se-sumatera).

Awal tahun 2009, PSP 3 kembali hadir. Kegiatan ini semakin mendapat tempat dikalangan pelajar. Hanya saja kegiatan yang ketiga ini tidak lagi mencetak buku kumpulan seperti dua kali sebelumnya.

Pasar Seni Pelajar yang ke empat kalinya pada tahun 2011 ditutup dengan sempurna. Kepuasan luar biasa itu lahir dari panitia karena kegiatan PSP 4 ini tidak hanya diikuti oleh pelajar Indonesia melainkan ianya juga mendapat tempat di kalangan pelajar seperti; Singapura, Malaysia, philipina dan Arab Saudi. Kepuasan tidak sampai disitu, SMA Negeri 4 Batam mengukir satu lagi sejarah yaitu bekerjasama dengan pihak media cetak terbitan nasional yakni memuat karya terbaik di Harian Media Indonesia. Karya yang dimuat itu adalah karya terbaik 1 dan 2 dari lomba menulis Puisi, serta juara 1 dan 2 lomba menulis surat terbuka kepada Presiden Republik Indonesia.

Mohon doanya, di awal tahun 2013 atas izin-NYA, SMA N 4 Batam akan kembali dengan PASAR SENI PELAJAR 5. Semoga hajatan ini bisa memberikan sumbangsih untuk melahirkan generasi generasi yang peka dan cerdas. Yang pada gilirannya, pembinaan dan pengembangan bakat merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar. Tanpa kesadaran kegotongroyongan semua pihak, terasa sulit untuk mengembangkan bangsa ini, bahkan hanya sekedar mempertahankan-PUN.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

9 thoughts on “Pasar Seni Pelajar 5 SMA N 4 Batam Awal tahun 2013

  1. Jika berkenan mohon masukan tentang materi yg akan dilombakan….

    Posted by faisalamri71 | Agustus 1, 2012, 10:14 pm
  2. Reblogged this on semilirr and commented:
    izin reblog ye apakk.,🙂

    Posted by kokinos | Agustus 2, 2012, 6:17 am
  3. Pak saran pak hehe😀
    Tema besar-nya : Dengan seni membangun negeri
    Temanya : In The Name of Art

    atau translatenya Atas Nama Seni.
    Jadi, remaja-remaja yg dengan membangun negri pun bisa mengatas namakan seni.
    hehe saran doang pak.

    Posted by Galih Pradana Risjad (@galihrisjjad) | Agustus 12, 2012, 5:41 am
  4. yang lain mna pak ini mungkin salah kirim alamat blog bapak jdi ga ada yang post komentar ahaha

    Posted by hazred | Agustus 13, 2012, 4:57 am
  5. izin copas pak ke blog sayaa.
    mudah2an makin banyak yang tau tentang acara akbar ini.

    Posted by andreprikitiew | September 30, 2012, 3:52 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: PSP 5 AJANG KREATIVITAS PELAJAR 2013 | Campur Aduk.com - September 30, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: