Politik

Pertunjukan “Sondang” di Negeri BEBAL.

Muhammad bouazizi namanya. Dia seorang pedagang kaki lima Tunisia yang melakukan adegan bakar diri. Adegan ini memicu revolusi di Tunisia.   Di Jepang bunuh diri dilakukan oleh tentara yang kalah perang atau gagal mempertahankan Negara memilih untuk menamatkan riwayat mereka melakui hara-kiri, atau potong perut dengan samurai.

Di Indonesia, adegan ini juga terjadi. Sondang Hutagalung namnya. Namanya sudah tidak asing lagi di kampusnya, karena ia adalah salah satu penggiat organisasi kemahasiswaan di Universitas Bung Karno. Namun tidak semua orang mengerti tentang pilihannya untuk mengakhiri hidupnya dengan membakar diri. Ia telah pergi. Cara kepergian Sondang dari negeri bebal ini tidak hanya disesali oleh keluarganya, akan tetapi juga oleh sebagian yang peduli dengan arti sebuah perjuangan.

Kita yang berasal dari negeri bebal ini, jangan mempolemikan kematian ini dengan cara-cara yang tidak cerdas.  Kita juga tidak perlu bersandiwara dengan berpura-pura sedih sambil berucap “kami ikut prihatin”. Rakyat jelata tidak pas mengatakan ini, karna kalimat atau ungkapan di atas adalah milik petinggi negeri bebal selama ini.

Tidak satupun agama yang ada di Indonesia membenarkan cara yang dipilih oleh Sondang. Semua orang tau akan hal itu. Akan tetapi perlu juga diketahui,  melihat kepergian Sondang tidak bisa sedangkal itu. Sondang bukanlah mahasiswa yang kemaren sore ikut demo mengkritisi kebijakan yang dibuat oleh petinggi negeri ini. Sondang di awal-awalnya adalah seorang aktivis yang cerdas melihat dan membaca arah reformasi.

Bolehlah kita menengok kebelakang. Kira-kira perjuangan apa lagi yang belum disuarakan oleh masyarakat dan juga mahasiswa dalam melawan sebuah rezim yang mulai tuli dan tidak peduli dengan sebuah tuntutan. Sebagai rakyat jelata, kita juga tau tidak mungkin semua tuntutan harus di akomodir. Mestinya petinggi negeri juga harus cerdas melihat dan memilah sebuah tuntutan. Artinya semua tindakan, tuntutan tidak elok dipandang seperti angin lalu.

Kepada petinggi negeri lihatlah pertunjukan ini dengan utuh, lebih dalam dan lebih cerdas lagi. Masyarakat-mu sudah lelah, capek, tergerus hatinya oleh sebuah kesenjangan-kesenjangan yang ada. Luka hatinya oleh korupsi yang tidak kunjung usai. Mereka marah dengan hukum yang tidak kunjung jadi panglima. Mereka dendam karena susah mencari kerja, mereka juga meregang nyawa untuk bertahan hidup. Mereka juga tidak suka menjadi budak di negeri orang.  Lihat dan dengarlah aspirasi mereka dengan cerdas, dengan hati yang paling dalam, sembari berdoa untuk sebuah cita-cita kebaikan.

Sondang, tenanglah di alam-mu yang baru. Kami akan kabari kepadamu kelak, walaupun kami sendiri tidak tau bila MASANYA.

About paisalamri71

Kawan seniman menyebut saya (sekarang) adalah SENIMAN GAGAL. Apa lacur?. Sebelum saya memutuskan hijrah (tahun 1998) ke Batam, memang nama saya sering menghiasi baliho, spanduk dan banner di acara pementasan koreografi baik sekala nasional sampai ke Internasional. Saya sangat menyadari potensi saya waktu itu. Tapi saya harus memilih. Batam adalah satu-satunya kota yang saya pilih sebagai lahan hidup saya. Sampai sekarang saya mengajar di SMA 4 Batam. Bagaimanapun jiwa seni yang melekat dengan saya tetap memberikan warna tersendiri. Dengan profesi baru ini semoga kawan saya tidak menyebut saya guru yang gagal.

Diskusi

One thought on “Pertunjukan “Sondang” di Negeri BEBAL.

  1. pertanyaannya: siapa yang hendak kita persalahkan?…. sebagian orang akan melihat ini sebuah kegagalan guru. Ada juga menilai ini salah pemerintah. ada yng menyalahkan Orang tua, dan terakhir ada yang melihat masyarakat. Kalau saya melihat semua elemen di atas ikut bertanggung jawab.

    Posted by faisal amri | Desember 12, 2011, 3:46 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Poster PSP 5 dan Kejuaraan Volly Ke-2 SMAN 4 BATAM

%d blogger menyukai ini: